Insantama Pangkalpinang

logo_ppdb2023SIT INSANTAMA
Daftar Sekarang
WhatsApp Image 2024-09-17 at 14.57.12
19
Sep
’24

Peringatan Maulid Nabi di SDIT Insantama Pangkalpinang: Para Juara Cinta Nabi Muhammad SAW Kini dan Selamanya, Hidup Mulia Bersama Islam dan Aturan-Nya

Ditulis oleh itpangkalpinang

Penulis: Nofriansyah, S.Pd

Matahari pagi hangat terasa pada pagi hari, beberapa guru piket tampak menyambut kedatangan Ananda di pintu gerbang sekolah. Terlihat juga beberapa Ananda ikhwan memenuhi lapangan untuk bermain futsal pada pagi itu.

Beberapa kendaraan juga tampak lalu lalang dan menurunkan para siswa tepat di depan gerbang SDIT Insantama Pangkalpinang. Hari itu tanggal 13 September 2024 atau bertepatan dengan 12 Rabi’ul Awal 1446 H, para warga sekolah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Bel pagi berbunyi pertanda masuk dan di lanjutkan dengan Belajar Baca Quran (BBQ) seperti yang biasa di lakukan – bi’ah sholihah.

Tim guru dan tenaga kependidikan saling membantu mempersiapkan keperluan kegiatan seperti alas duduk, pengeras suara, dan panggung yang biasa di gunakan pembicara beserta spanduk kegiatan.

Dalam suatu kesempatan, salah satu siswa bernama Esha kelas 3A ditanya tentang kegiatan yang akan dilaksanakan sekolah. “Memperingati hari kelahiran Nabi Muhhamad SAW.”, jawab Esha dengan nada yakin.

Selanjutnya, ketika ditanya lagi kapan Nabi saw. dilahirkan, lalu Ananda menjawab, “Senin 12 Rabbiul Awal”.

Salah satu guru, Pak Khozin, selaku guru kelas 3A menjelaskan terkait aturan dalam kegiatan memperingati Maulid Nabi SAW. Pak Khozin juga menjelaskan sedikit cerita singkat pasukan pasukan gajah yang terdapat di dalam surat Al-Fil terkait tentang sejarah kelahiran nabi Muhammad SAW.

Mulai terdengar suara Pak Sahroni yang di amanahkan menjadi Master of Ceremony (MC) berdampingan dengan Pak Nukman. MC memberikan arahan kepada seluruh guru kelas untuk mengajak para siswa berkumpul di lapangan. Dari pengeras suara, terdengar suara sholawat dan nasyid yang menemani para siswa menyantap makanan ringan yang dibawa sebelum acara dimulai.

“Hari Jum’at swimming ke kolam.. Eh ada mualidan.. Izinkan kami menyampaikan salam.. Kepada hadirin sekalian”, pantun dibawakan MC membuat suasana menjadi lebih cair.

Setelah acara dimulai, ada pembacaan ayat suci Al Quran oleh Khairunnisa dan Aqila, siswi kelas 5. Kemudian ada pembacaan do’a oleh Aqim, siswa kelas 5.

Sejurus kemudian, ada acara inti, yaitu tausiyah. Tausiyah langsung disampaikan oleh Kepala SDIT Insantama Pangkalpinang, Dhonna Frilano. Pak Dhonna, sapaan akrabnya, memulai tausiyahnya dengan salam, sholawat, mengutip ayat Al Quran, dan 2 pantun.

Di awal, Pak Dhonna mengingatkan bahwa hidup manusia itu singkat, bahkan hanya bagaikan hidup di antara waktu petang sampai waktu Dhuha, sesuai kalamullah. Juga tentang pentingnya mensyukuri nikmat panca indra yang ada pada diri kita, serta tentang Allah SWT di ciptakan berpasang-pasangan. Beliau juga menambahkan bahwa ikatan yang paling tinggi dan kokoh adalah ikatan karena aqidah Islam atau keimanan.

“Sesuai dengan tema kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, Pak Dhonna berharap kita semua cinta kepada nabi dan dapat menjalankan semua aturan yang datang dari Islam secara menyeluruh”, jelas Pak Dhonna dalam tausiyahnya.

Di sela-sela tausiyahnya, Pak Dhonna membagikan hadiah berupa pin kepada siswa/siswi yang mampu menjawab pertanyaan dari Pak Dhonna. Dan para siswa pun nampak antusias untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Seusai tausiyah, ada nasyid yang dibawakan oleh gabungan siswa kelas VI A dan VI B. Para adik kelas I sampai kelas V nampak terpesona oleh penampilan kakak kelasnya tersebut.

Acara pun berakhir dengan penutup yang disampaikan oleh MC. Sebelum ditutup, MC mengingatkan bahwa setelah acara ditutup, para siswa diailakan menuju ke ruang kelasnya masing-masing untuk Nganggung bersama teman-teman dan guru kelas.

#MaulidNabiSAW
#SDITInsantama
#PGK
#SekolahParaJuara
#CintaNabi

Populer